Selasa, 18 Juli 2017

Jenis-Jenis Daun Berdasarkan dari Bentuk Tulang Daun

1. Contoh Jenis Daun Menjari atau Palminervis
Hasil gambar untuk gambar daun menjari
Tanaman ini memiliki bentuk daun dengan satu tulang daun yang cukup besar dan berbentuk seperti jari-jari tangan manusia. Daun dengan struktur tulang daun menjari ini dapat kita jumpai pada daun singkong, daun pepaya, daun ketela pohon, daun kapas dan yang lainnya.

2. Contoh Jenis Daun Menyirip
Hasil gambar untuk gambar daun menyirip

Daun menyirip yaitu daun yang mempunyai struktur tulang daun jenis menyirip seperti pada sirip-sirip ikan. Daunnya tersusun rapi mulai dari tangkai hingga ujung dari helai daun. Daun menyirip dapat kita temui pada pohon kuweni (Mangifera odorata), belimbing manis (Averrhoa carambola L), daun pohon durian (Durio zibethinus Murr), jambu dersono (Syzygium malaccense), jambu mete (Anacardium occidentale L.), jambu biji (Psidium guajava L.), tulang daun mangga dan tulang daun rambutan.

3. Contoh Jenis Daun Sejajar atau Rectinervis
Hasil gambar untuk gambar daun menyirip

Contoh yang sering kita temui yaitu daun pada pohon tebu, padi, rumput ilalang, daun pohon jagung, daun kelapa. dan yang lainnya.Daun sejajar merupakan daun yang memiliki tulang daun berbentuk seperti garis-garis yang sejajar. Tiap-tiap dari ujung tulang daun ini menyatu. Umumnya terdapat pada daun-daun bangun garis pita dan bangun garis, yang memiliki satu tulang daun besar membujur ditengah. Sedangkan tulang-tulang lainnya lebih kecil dan semuanya terlihat mempunyai arah sejajar dengan tulang utama.
4. Contoh Jenis Daun Melengkung
Jenis-jenis Daun: Contoh Jenis Daun Melengkung
anthuriumonline.files.wordpress.com
Daun melengkung ialah daun dengan tulang daun berbentuk seperti garis-garis melengkung. Daun dengan jenis tulang daun sperti ini dapat kita jumpai di berbagai tumbuhan lingkungan sekitar tempat tinggal kita. Seperti misalnya daun gadung, sirih, dan genjer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gerak Nasti

Gerak Nasti  Gerak nasti merupakan gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi sama sekali oleh adanya rangsangan, G...